- By Pusat Data SMK SPN DIRGANTARA BATAM
- 12 Mar 2024
- 1663
Flight Control Systems
Mengenal Flight Control Pesawat Terbang
Flight control pesawat terbang diperlukan untuk mengatur pesawat saat sedang terbang. Saat mengudara, pesawat harus bisa tetap berada di jalur terbangnya. Pesawat juga harus stabil agar sikap pesawat bisa diatur demi keselamatan awak dan penumpang.
Saat berada di udara, pesawat perlu melakukan sejumlah manuver. Manuver-manuver tersebut bisa dilakukan dengan adanya flight control system.
Apa yang dimaksud dengan flight control pesawat terbang?
pesawat udara harus mempunyai stabilitas yang baik agar tetap berada di sikap (attitude) dan jalur terbangnya (flight track).
Stabilitas juga diperlukan untuk mengembalikan pesawat ke kondisi normal dari gangguan selama penerbangan. Sistem kendali terbang pesawat udara atau aircraft flight control system fungsinya adalah untuk mengatur sikap pesawat ketika sedang terbang.
Sistem kendali terbang juga berfungsi agar pesawat bisa melakukan gerakan (movement) atau akrobatik (aerobatic) selama di udara.
Bidang-Bidang Kendali Terbang
Bidang-bidang kendali terbang memungkinkan pesawat untuk melakukan berbagai manuver seperti berbelok, menukik, menanjak, berputar, dan lainnya. Bidang-bidang kendali terbang (flight control surfaces) dibagi menjadi tiga macam sebagai berikut.
1. Bidang Kendali Utama (Primary Flight Control Surfaces)
Bidang kendali utama dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu aileron, elevator, dan rudder. Berikut penjelasan singkatnya.
- Aileron: fungsinya agar pesawat bisa melakukan gerakan memutar terhadap longitudinal axis.
- Elevator: bidang kemudi yang dipasang pada horizontal stabilizer yang fungsinya membuat pesawat bisa melakukan gerakan mengangguk (pitching) atau memutar terhadap lateral axis.
- Rudder: bidang kendali yang berfungsi agar pesawat bisa melakukan gerakan menyimpang (yawing) terhadap vertical axis.
2. Bidang Kendali Sekunder (Secondary Flight Control Surfaces)
Bidang kendali sekunder memiliki fungsi untuk meningkatkan gaya angkat dan/atau gaya hambat induksi. Bidang kendali ini tersusun atas sejumlah bidang kemudi seperti leading edge flap, leading edge slat and slot, trim tab, spoiler, dan lain sebagainya.
3. Bidang Kendali Tambahan (Auxiliary Flight Control Surfaces)
Bidang kendali tambahan adalah bidang kendali yang fungsinya untuk menambah gaya angkat dan membantu kendali terbang utama. Bidang kendali ini terdiri atas autopilot atau fly by wire, speedbrake, canards, dan trimmable horizontal stabilizer.
Mari ketahui lebih lanjut seputar dunia penerbangan dengan mendaftarkan diri ke SMK SPN DIRGANTARA BATAM